Ulik Mobil Balap Porsche Cayman 718 GT4 RS Clubsport

MANDALIKA – Porsche Sprint Challenge Indonesia (PSCI) kini memasuki musim kedua. Balapan satu merek ini telah mencapai putaran final yang berlangsung pada 6-8 Desember 2024.

Porsche Sprint Challenge Indonesia terdiri dari dua kelas, yaitu GT3 Cup yang menggunakan mobil Porsche 911 GT3 Cup, dan kelas GT4 yang memakai mobil Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport.

Dennis Kadaruskan, Public Relations Superstars Motorsport, penyelenggara Porsche Sprint Challenge Indonesia, menjelaskan bahwa Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport adalah mobil balap khusus trek yang diproduksi langsung oleh Porsche di Jerman.


Foto: Gilang Porsche Cayman 718 GT4 RS Clubsport yang dipakai di ajang balap Porsche Sprint Challenge Indonesia.

“Cayman GT4 RS Clubsport basisnya 718 Cayman. Konsepnya entry level one make series, jadi dia lebih mudah dikendalikan ketimbang 911 GT4 Cup,” kata Dennis di Sirkuit Mandalika, Sabtu (7/1/2024).

Perbedaan antara Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport dengan versi jalan raya terletak pada penggunaan serat karbon dan natural carbon secara masif untuk mengurangi bobot kendaraan.

“Ini ada beberapa komponen yang menarik, di bagian depan itu pakai serat natural (natural fiber), yaitu bahan yang juga dipakai buat tali. Kap depan, fender kiri kanan. Kalau model biasanya model alumunium atau baja,” kata Dennis.

Porsche Cayman 718 GT4 RS Clubsport yang dipakai di ajang balap Porsche Sprint Challenge Indonesia.
Foto: Gilang Porsche Cayman 718 GT4 RS Clubsport yang dipakai di ajang balap Porsche Sprint Challenge Indonesia.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan peralatan standar balap yang tidak terdapat pada versi jalan raya, seperti kursi balap, roll bar dan peralatan keselamatan lainnya.

“Mobil ini dilengkapi dengan perlengkapan seperti kursi balap dan roll bar, serta dipesan langsung dari Jerman,” ujar Dennis.

Namun karena kelasnya ditujukan buat pemula, Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport tetap memakai mesin dan transmisi standar.

“Transmisinya pakai double clutch Porsche PDK 7-percepatan, beda dengan Porsche 911 GT3 Cup yang pakai sekuensial 6-percepatan,” kata Dennis.

Porsche Cayman 718 GT4 RS Clubsport yang dipakai di ajang balap Porsche Sprint Challenge Indonesia.
Foto: Gilang Porsche Cayman 718 GT4 RS Clubsport yang dipakai di ajang balap Porsche Sprint Challenge Indonesia.

Dennis mengatakan, alasan lain mobil ini cocok untuk pemula karena letak mesin yang berada di tengah dan masih menggunakan AC.

“Mobil ini mesinnya ada di tengah, rear mid engine artinya mesinnya di tengah antara as roda depan dan belakang. Kenapa, karena konsep 718 Cayman itu dua penumpang, kalau di 911 road car-nya 2+2 masih ada baris kedua, makanya mesin di belakang,” katanya.

“Terus mobil ini masih pakai AC, jadi dingin,” tambah Dennis.

Source link

Scroll to Top