JAKARTA – CVT sepeda motor matik terdiri dari sejumlah komponen yang saling terkait. Modifikasi pada bagian ini tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.
Untuk mengatasi gejala ‘gredek’ yang sering terjadi pada sepeda motor skuter, salah satu komponen yang dapat dimodifikasi adalah mangkuk CVT.
GridOto.com/Isal Ilustrasi mangkuk kampas ganda cvt yang sudah dikartel
Yoga Ningrat, pemilik bengkel spesialis matic Yoga Motoshop, menjelaskan bahwa salah satu modifikasi yang bisa dilakukan adalah melubangi mangkuk kampas ganda pada CVT motor matik.
“Bagian mangkuk yang menutup kampas kopling ini dilubangi untuk membantu pendinginan dan menghilangkan sisa-sisa gram kampas kopling yang terjebak di mangkuk ganda,” ujar Yoga baru-baru ini.
Dengan menghilangkan gram yang menghambat putaran kampas kopling ganda, diharapkan putarannya bisa lebih leluasa dan lebih mencengkram ke mangkuk CVT.
Selain itu, lubang-lubang ini juga berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi udara sehingga kampas kopling ganda tidak mengalami overheat dan terbakar.
Selain melubangi mangkuk CVT, modifikasi dapat dilakukan dengan teknik kartel menggunakan mesin bubut.
Untuk diketahui, kartel adalah teknik bubut yang digunakan untuk membuat permukaan pada mangkuk kampas ganda dalam sistem CVT skutik menjadi lebih kasar.
Dengan permukaan mangkuk kampas ganda yang lebih kasar, gejala slip yang biasanya menyebabkan gredek atau getar pada CVT motor dapat diminimalisir, karena kampas ganda dapat ‘menggigit’ lebih baik.
KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan komponen CVT motor Yamaha NMAX Turbo
Modifikasi ini juga dapat membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif. Namun, ada juga beberapa kekurangan dari modifikasi ini.
“Saat mangkuk sudah dikartel, Anda akan merasakan efeknya. Pada awal gas, suara siulan akan terasa sangat jelas. Banyak yang mengatakan suaranya seperti suara turbo, ada nuansa siulan saat mulai menggas,” kata Yoga.
“Suara ini akan berkurang seiring waktu. Jika suara itu hilang, itu bisa berarti dua hal. Pertama, kartelannya sudah habis, atau kedua, kampasnya yang sudah habis. Suara hilang karena tidak ada lagi yang memarut saat awal menggas,” tambahnya.
GridOto.com/Isal Ilustrasi kampas ganda motor matik
Yoga juga menyarankan agar tidak melakukan kartel mangkuk CVT tanpa mengganti kampas ganda dengan versi aftermarket, karena dapat menyebabkan komponen tersebut cepat aus.
“Oleh karena itu, saya tidak merekomendasikan untuk mengombinasikan mangkuk kartel dengan kampas ganda standar. Sebab, kampas ganda standar yang lembut akan cepat habis, seperti terparut,” pungkas Yoga.