Jangan Abaikan Indikator Aki pada Sepeda Motor Menyala

KLATEN – Sepeda motor terbaru kini dilengkapi dengan layar informasi yang lebih lengkap, termasuk informasi mengenai kondisi baterai atau aki.

Konsumen perlu waspada ketika lampu indikator baterai menyala saat motor sedang digunakan. Apa sebenarnya arti dari nyala lampu indikator tersebut?

Endro Sutarno dari divisi Layanan Teknik menjelaskan bahwa motor yang dilengkapi voltmeter dan lampu indikator aki biasanya tidak memiliki kick starter, sehingga tidak bisa menghidupkan mesin tanpa daya listrik.

“Lampu indikator dan voltmeter diharapkan dapat memberikan informasi langsung kepada pengguna mengenai kesehatan aki,” ungkap Endro.

Endro menjelaskan bahwa ada tiga tahapan terkait kesehatan aki pada motor yang dilengkapi dengan lampu indikator dan voltmeter. Tahapan pertama adalah kondisi sehat.

“Tanda aki yang sehat adalah ketika kontak diubah ke posisi ON, lampu indikator aki tidak menyala dan voltmeter menunjukkan angka antara 11,5 volt hingga 12,5 volt,” tambahnya.


Febri Ardani/Otomania Honda SH150i tanpa engkol kick starter

Ketika mesin dinyalakan, lampu indikator tetap mati dan angka voltmeter meningkat karena adanya pengisian daya baterai.

“Waspadai kondisi di mana lampu indikator aki menyala merah ketika kontak ON dan voltmeter menunjukkan angka 11,4 volt dengan toleransi 0,4 volt,” tegas Endro.

Meski mesin masih dapat dihidupkan, Ia menegaskan agar tidak membiarkan situasi ini berlangsung lama karena merupakan peringatan bahwa aki mulai lemah.

Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter
KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter

“Sebaiknya periksa kesehatan aki di bengkel resmi agar dapat disimpulkan apakah perlu diganti atau tidak, karena lampu indikator yang menyala adalah tanda bahwa aki sudah lemah,” ujar Endro.

Pada kondisi terakhir, aki dalam keadaan jelek. Tanda-tandanya adalah lampu indikator aki menyala saat kontak ON dengan nilai tegangan aki hanya 10,3 volt.

“Kondisi ini akan menghentikan fungsi starter dari alternating current generator (ACG), sehingga pengguna perlu menghindari kerusakan aki hingga ke tahap ini,” sambungnya.

Jadi, ketika lampu indikator aki menyala merah, alangkah baiknya untuk tidak mengabaikannya. Pastikan agar motor yang tidak memiliki kick starter tidak mogok di tengah perjalanan.

Source link

Scroll to Top