KLATEN – Toyota Avanza generasi kedua yang diluncurkan pada akhir 2011 hingga saat ini, sudah menggunakan rack steer tipe electronic power steering (EPS). Mobil ini tidak lagi mengandalkan fluida, melainkan memiliki motor khusus untuk mempermudah putaran roda kemudi.
Seiring dengan pemakaian, komponen rack steer akan mengalami penurunan performa, yang ditandai dengan munculnya bunyi tidak nyaman saat mobil melewati jalan yang rusak.
Muchlis, pemilik bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo, menjelaskan bahwa bunyi ketukan di area bawah kemudi menandakan adanya komponen yang sudah aus akibat pemakaian.
“Beberapa di antaranya disebabkan oleh keausan poros rack yang bersinggungan dengan gigi pinion, yang berfungsi mengubah gaya putar menjadi gaya dorong ke kanan dan kiri pada roda depan mobil,” ucap Muchlis, Sabtu (21/9/2024).
Muchlis menambahkan bahwa pertautan poros rack dan pinion yang terjadi secara berulang saat roda kemudi berputar akan menyebabkan keausan, sehingga celah antar komponen semakin besar seiring waktu.
“Celah inilah yang menyebabkan munculnya bunyi ketukan saat mobil melaju di jalan yang tidak rata. Dari permukaan jalan yang kasar, roda akan meneruskan getaran hingga ke bagian rack steer. Solusinya bisa disetel jika belum parah,” tambah Muchlis.
Selain poros rack yang mengalami keausan, Muchlis juga menyebutkan pentingnya bushing sebagai penyangga poros rack sekaligus berfungsi sebagai peredam. Bahan bushing ini umumnya lebih empuk, terbuat dari campuran karet dan plastik, atau serupa PVC. Seiring berjalannya waktu, bushing ini akan menjadi pipih dan tidak mampu menopang poros dengan sempurna, sehingga menyebabkan kendor.
Muchlis menambahkan bahwa bushing rack steer yang sudah tidak baik bisa diganti dengan onderdil aftermarket. Cara ini bisa menjadi alternatif dibandingkan harus mengganti satu set rack steer assy.
“Dalam kondisi tertentu, dengan mempertimbangkan berbagai faktor, perbaikan pada bunyi rack steer sebaiknya dilakukan secara menyeluruh dengan mengganti satu gelondong. Ada pilihan menggunakan part asli atau aftermarket,” ujar Muchlis.
Berikut ini adalah daftar estimasi ongkos perbaikan rack steer pada Avanza tipe EPS dari berbagai bengkel spesialis, yang sudah termasuk biaya part dan jasa:
- Setel rack steer, Rp 120.000 – Rp 200.000
- Ganti bushing rack steer, Rp 500.000 – Rp 600.000
- Ganti rack steer assy aftermarket, Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000
- Ganti rack steer assy part asli, Rp 3.800.000 – Rp 4.000.000