Bukan Teknologi Baru, CVT Elektronik NMAX Turbo Sudah Ada Sejak 2002

JAKARTA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan Yamaha NMAX Turbo yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

Salah satu hal menarik yang dihadirkan adalah pembaruan pada sektor transmisi, dimana NMAX Turbo kini menggunakan teknologi terbaru di kelasnya, yaitu Yamaha Electric Continuosly Variable Transmission (YECVT).

Dengan teknologi YECVT, fungsi roller pada CVT konvensional tidak lagi diperlukan. Hal ini karena proses penggerakan puli primer kini digantikan oleh motor penggerak, sehingga perpindahan gigi dapat diatur sesuai preferensi pengendara.

Saklar kiri Yamaha NMAX Turbo

Pengendara dapat merasakan sensasi ‘turbo’ pada skuter ini dengan memilih di antara dua mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).

Kedua mode ini dapat dioperasikan melalui tombol ‘Mode’ yang terletak di bagian depan setang kiri.

Fitur YECVT menjadi lebih fungsional dengan adanya Y-Shift yang bisa diakses dari setang sebelah kiri, yang memiliki tiga tingkat pengaturan: Low (1), Medium (2), dan High (3).

Fitur ini sangat sesuai untuk situasi seperti mendahului kendaraan di depan, menghadapi tanjakan, atau saat berkendara tandem.

Menariknya, selain untuk akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk deselerasi saat menuruni jalan atau saat masuk tikungan.

Namun, perlu dicatat bahwa teknologi YECVT atau CVT elektronik ini bukanlah teknologi baru, karena Yamaha telah menerapkannya sejak 2007.

Yamaha Majesty 250 jadi skutik pertama Yamaha yang menerapkan teknologi CVT ElektronikYamaha Majesty 250 jadi skutik pertama Yamaha yang menerapkan teknologi CVT Elektronik

Majesty 250 dikenal sebagai pelopor skutik dengan CVT elektronik. Transmisi otomatis motor ini dapat dikontrol secara elektronik dengan sistem “YCC-AT”, di mana pengendara bisa memilih antara Assist Mode 1 atau Assist Mode 2.

Assist Mode 1 menjaga RPM mesin tetap tinggi untuk akselerasi yang cepat, sementara Assist Mode 2 dirancang untuk mencapai topspeed yang lebih tinggi.

Suzuki Skywave 650 jadi skutik pertama di dunia yang menerapkan teknologi CVT ElektronikSuzuki Skywave 650 jadi skutik pertama di dunia yang menerapkan teknologi CVT Elektronik

Sebelum Majesty 250, Suzuki Skywave 650 juga dikenal sebagai motor pertama di dunia yang menggunakan sistem CVT elektronik. Skywave 650 sudah dilengkapi dengan dua pola perpindahan gigi otomatis sejak 2002.

Fitur ini memungkinkan pengendara memilih antara Mode Daya dan Mode Normal, dan juga memiliki mode perpindahan manual dengan 5 percepatan, yang memberi pengalaman berkendara yang lebih sporty.

Source link

Scroll to Top