JAKARTA – New Honda PCX 160 hadir dengan pembaruan yang menarik perhatian, terutama pada tampilan kokpit yang kini dilengkapi dengan cover setang.
Berbeda dengan pendahulunya yang tampil tanpa penutup, perubahan ini membuat desain PCX 160 generasi kelima semakin modern, menyerupai Honda Forza 250.
Dok. New full digital panel meter Honda PCX 160.
Reza Resdie, bagian Technical Service dari PT Astra Honda Motor, menjelaskan bahwa meskipun mungkin untuk melakukan modifikasi, hal tersebut akan memerlukan banyak perubahan.
“Kami belum mencobanya, tetapi akan sangat sulit. Sebab, jika yang lama itu (dudukannya) berbentuk letter U, sedangkan ini cover-nya lebih mirip letter Y,” ujarnya.
“Perubahannya dari bawah, jadi satu set antara pemegang steering holder dan steering-nya,” tambah Reza.
Selain cover setang, bodi dari New Honda PCX 160 juga tidak bisa dipasang pada model lama karena bentuk yang telah berubah.
“Bodi sudah pasti tidak bisa, semua pengunci-pengunci berbeda, menyesuaikan desain,” jelas Reza.
Selanjutnya, New Honda PCX 160 juga mengalami perubahan pada rem cakram depan. Kini, komponen pulse ring ABS terintegrasi dengan disc brake.
“Pada model sebelumnya, komponen tersebut terpisah, ada pelat sendiri. Jika ingin modifikasi, pastikan mencari pulse ring yang sama,” tuturnya.
Perubahan terakhir terjadi pada bagian kaki-kaki, di mana sokbreker belakang New Honda PCX 160 kini menggunakan merek Kayaba, terutama untuk tipe ABS Roadsync.