Viral di TikTok Karena Celotehannya, Ini Penyakit Zehan Almira

Belakangan ini, netizen di media sosial, khususnya TikTok, diramaikan dengan sosok anak bernama Zehan Almira. Di balik kelucuan dan tingkah menggemaskannya, ternyata Zehan Almira mengidap penyakit langka yang membuatnya tidak tumbuh seperti anak seusianya. Lantas, apa penyakit Zehan Almira?

Dengan tingkah polos dan gaya bicara yang khas, Zehan berhasil menarik perhatian banyak netizen di Indonesia. Video-videonya sering kali muncul di beranda TikTok dan mendapatkan banyak likes serta komentar dari para penggemarnya. Tak sampai di situ, saking viralnya, Zehan Almira banyak diundang di beberapa acara TV dan podcast selebriti.

Memiliki kemampuan berbicara fasih tidak seperti anak seusianya, tak heran bila banyak yang menduga Zehan Almira sudah berusia dewasa. Bahkan salah seorang netizen ada yang mengira bahwa Zehan sudah berusia 23 tahun, hal tersebut langsung dibantah oleh sang ibu.

Melalui unggahan video TikTok @khumairahhh1, ibu Zehan Almira menjelaskan bahwa anaknya mengidap penyakit langka. Menurutnya, karena penyakit itulah pertumbuhan sang anak berbeda dari anak kecil pada umumnya.

Penyakit Zehan Almira

Berdasarkan pengakuan sang ibu, Zehan Almira mengidap penyakit OI atau Osteoporosis Imperfekta. Osteoporosis Imperfekta merupakan penyakit tulang yang menyebabkan kurangnya produksi kolagen dan protein dalam tubuh, sehingga mempengaruhi pertumbuhan anak.

Salah satu penyebab anak-anak dengan kelainan tulang OI memiliki pertumbuhan yang lambat adalah karena kelainan ini dapat memengaruhi struktur serta fungsi tulang, termasuk tulang panjang di lengan dan kaki. Ini dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan kerangka anak, yang pada akhirnya berdampak pada tinggi badan.

Anak yang terlahir dengan kondisi OI akan menyandang penyakit ini seumur hidupnya. Dengan kata lain, pengidap penyakit langka ini berisiko tinggi untuk mengalami patah tulang secara berulang jika tidak berhati-hati.

Osteoporosis Imperfekta inilah yang menyebabkan Zehan Almira bertubuh mungil dan pertumbuhannya lebih lambat dari anak-anak pada umumnya, meskipun usia Zehan masih kanak-kanak. Namun, bersyukur hal ini tidak mempengaruhi perkembangan otaknya. Zehan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan fasih dalam berbicara.

Hal ini terbukti dari kepandaian Zehan berkomunikasi di depan umum, serta sikapnya yang selalu ceria. Bahkan, ibu Zehan juga mengakui putrinya adalah anak ceria yang tidak pernah menangis.

Gejala Osteoporosis Imperfekta

Penyakit Osteoporosis Imperfekta umumnya sudah dialami sejak lahir. Namun, gejalanya baru akan muncul dan terdeteksi di usia anak-anak atau bahkan setelah dewasa, seperti saat usia sekolah, balita, bahkan sejak di dalam kandungan.

Gejala OI sangat bervariasi antara satu pengidap dengan yang lainnya. Namun, gejala yang paling sering terjadi adalah pengidap mudah mengalami patah tulang, bahkan hanya karena benturan yang sangat ringan. Hal lain yang sering ditemukan pada pengidap OI adalah warna sklera (bagian putih dari mata) yang terlihat kebiruan.

Pengobatan Osteoporosis Imperfekta

Sampai saat ini, belum ada perawatan atau obat yang dapat menyembuhkan Osteogenesis Imperfecta. Pengobatan yang dilakukan oleh pengidap OI bertujuan untuk menguatkan struktur tulang yang rapuh.

Pengidap OI yang mengalami patah tulang sebaiknya segera ditangani dengan cepat dan tepat. Jika tidak segera ditangani, dapat mengakibatkan bahaya dalam hidupnya, seperti perbedaan panjang tulang di lengan atau kaki yang bisa berujung pada ketimpangan. Akibatnya, pengidap OI bisa menghadapi kesulitan berjalan karena tulang-tulangnya menjadi bengkok.

Pengidap OI juga memerlukan dukungan dari orang tua, keluarga, dan orang-orang terdekat agar dapat menjalani hidup dengan baik seperti anak-anak normal. Meskipun kondisinya memang tidak bisa seperti anak pada umumnya.

Biodata Zehan Almira

Melalui media sosialnya, ibu Zehan Almira pernah bercerita tentang umur asli sang anak. Menurutnya, Zehan lahir pada bulan Juni 2018, jadi saat ini usianya genap 6 tahun.

Zehan kini sudah memulai pendidikan pertamanya di Taman Kanak-kanak (TK). Berdasarkan media sosial yang dikelola oleh orangtuanya, Zehan sedang menempuh pendidikan di TK Al Mustafa.

Zehan Almira, atau yang kerap disapa Zehan, adalah anak yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Aksi lucunya sering dibagikan oleh orang tua lewat TikTok dan berhasil mencuri perhatian para pengguna media sosial. Selain tingkah lakunya yang menggemaskan, gaya bicaranya yang fasih mirip orang dewasa menjadikannya banyak digemari netizen.

Berikut biodata singkat Zehan Almira:

  • Nama lengkap: Zehan Almira
  • Nama panggilan: Zeze
  • Kelahiran: Bandung, Juni 2018
  • Usia: 6 tahun
  • Akun TikTok: @zehan_almira
  • Akun Youtube: @zehan_almira
  • Akun Instagram: @almirazehan

Itulah penjelasan tentang penyakit Zehan Almira, salah satu anak yang viral di TikTok karena tingkah lucu dan gemesinnya.

Source link

Scroll to Top