Tips Pemula Main Flat Track, Pilih Motor Sehat dan Ban Dual Purpose

BOGOR – Balap motor flat track diadakan di atas permukaan tanah dengan trek bermodel oval. Motor dirancang untuk meluncur saat berbelok, menjadikannya jenis balapan yang menarik untuk dicoba.

Bagi pemula yang ingin mencoba balap flat track, ada beberapa tips yang bisa dijadikan panduan saat mencari motor. Sebaiknya pilih motor dengan transmisi manual dan kopling, sehingga lebih mudah untuk melakukan sliding.

@PULANG.SUBUH/NAUFAL HARDA PUTRA Honda FTR 220 buatan Frontwheel Motorcycle

Chandra Gunawan, pemilik bengkel modifikasi, merekomendasikan beberapa motor yang dapat dijadikan basis untuk balap flat track. “Kalau flat track, motor yang enak digunakan adalah Honda Tiger, CRF, Kawasaki KLX, dan Yamaha Scorpio,” ujarnya.

Saat mulai mencoba balap flat track, tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Yang terpenting adalah kondisi mesin harus dalam keadaan baik, karena motor harus digas penuh agar ban tetap selip selama balapan.

Selain itu, perhatikan bagian kaki-kaki, terutama dalam pemilihan ban. Ukuran pelek boleh beragam, asalkan tidak berbeda antara depan dan belakang.

“Pelek bisa ukuran 17 inci, 18 inci, atau 19 inci, yang penting bannya dual purpose. Ukuran pelek tidak boleh berbeda, supaya mudah saat manuver,” tambah Chandra.

Bagi pemula, cukup mengganti ban dengan jenis dual purpose jika ingin mulai latihan. Pastikan juga suspensi depan dan belakang sejajar, tidak boleh bagian depan lebih tinggi.

“Sebisa mungkin motor yang digunakan sudah di-custom, seperti gaya Scrambler yang dapat digunakan untuk flat track, dengan mengganti ban menjadi dual purpose,” tutup Chandra.

Source link

Scroll to Top