Pengendara Wanita Ragu Saat Berkendara, Ingat Tengok Kiri-Kanan-Kiri

JAKARTA – Pengendara wanita sering kali dianggap membahayakan di jalan raya. Namun, tidak semua dari mereka seperti itu, karena banyak juga yang berkendara dengan baik dan aman.

Namun, ada perilaku pengendara wanita yang terkadang mengherankan di jalan. Seperti yang terlihat dalam sebuah video yang diunggah di Instagram, menunjukkan seorang pengendara wanita yang tiba-tiba melaju ke tengah jalan.

Saat berada di tengah jalan, pengendara tersebut berhenti dan kembali menepi ke kiri. Jika pengguna jalan lainnya tidak waspada, tentu bisa berujung pada kecelakaan.

 

Menanggapi kejadian seperti itu, Nofa Ismiati, Instruktur Keselamatan Berkendara di Daya Adicipta Motora, menyatakan bahwa pengendara tersebut perlu menjalani pelatihan safety riding.

“Di video tersebut, dia kurang memprediksi bahaya dan kurang berhati-hati,” kata Nofa.

Sebagai pengguna jalan, penting untuk memahami bahwa ada pengguna jalan lainnya. Sebelum memasuki jalan, harus mengkonfirmasi apakah situasi di jalan aman atau tidak.

“Terlihat bahwa pengendara motor tersebut tidak mengkonfirmasi kondisi aman dengan melihat ke kanan dan kiri terlebih dahulu. Ini bisa terjadi karena banyak pengendara di Indonesia yang belajar mengendarai motor secara autodidak,” tambah Nofa.

Oleh karena itu, terdapat beberapa poin penting saat berkendara, seperti memastikan kondisi jalan aman. Jika dibiarkan, dapat mengakibatkan kecelakaan bagi diri sendiri maupun orang lain.

“Ada beberapa pengendara yang belum mengetahui cara berbelok yang baik dan benar. Pastikan 4T: Tunggu sejenak, Tengok kiri, Tengok kanan, dan Tengok kiri lagi,” jelas Nofa.

Tengok kiri bertujuan untuk melihat arah tujuan. Sedangkan melihat ke kanan untuk memastikan kondisi jalan aman, dan kembali ke kiri untuk memastikan kondisi benar-benar aman.

Source link

Scroll to Top