Apple Fanboy Ternyata Enggak Buru-buru Ganti iPhone Baru

iPhone 16 series resmi meluncur pada 9 September 2024. Apple menawarkan beragam fitur baru untuk menarik minat para penggemar gadget Apple.

Mulai dari kamera yang ditingkatkan, baterai lebih tahan lama, fitur AI, dan lain sebagainya. Meskipun kehadiran iPhone generasi baru ini menarik, hal itu tidak otomatis membuat pengguna auto meng-upgrade iPhone mereka.

Penggemar Apple, khususnya di Amerika Serikat, dilaporkan cenderung tidak buru-buru meng-upgrade iPhone lama mereka ke generasi baru, bahkan mereka tetap menggunakan perangkat lama mereka lebih lama dari sebelumnya.

Hal ini terungkap dalam laporan terbaru yang dipublikasikan oleh lembaga riset pasar asal Amerika Serikat, Consumer Intelligence Research Partners (CIRP).

Laporan ini merinci persentase seberapa lama pengguna Apple menggunakan iPhone mereka sebelum akhirnya meng-upgrade ke iPhone yang lebih baru pada periode 2019-2024.


CIRP Data persentase seberapa lama pengguna Apple menggunakan iPhone miliknya sebelum akhirnya membeli (upgrade) ke iPhone yang lebih baru pada periode 2019-2024. Saat ini, pengguna iPhone cenderung lebih lama memakai iPhone miliknya (minimal dua tahun hingga lebih dari tiga tahun), sebelum akhirnya membeli iPhone baru.

Dari data tersebut terlihat, persentase pengguna yang memiliki iPhone selama dua tahun hingga tiga tahun atau lebih tumbuh menjadi 34 persen (naik dari 31 persen di 2020). Pengguna yang memiliki iPhone selama dua tahun tetapi kurang dari 3 tahun juga tumbuh menjadi 33 persen (naik dari 30 persen di 2020). Sementara itu, pengguna yang melakukan upgrade iPhone dalam 1-2 tahun, jumlahnya turun dari 28 persen (2020) menjadi 25 persen (2024).

Dari 2019 hingga 2024, pengguna yang meng-upgrade iPhone setiap tahun juga cenderung terus menurun, hingga tersisa hanya 8 persen pada 2024.

Perbandingan data 2019 dan 2024 ini memperlihatkan adanya perubahan dalam perilaku pengguna iPhone dalam keputusan untuk meng-upgrade. Saat ini, pengguna cenderung lebih lama menggunakan iPhone mereka sebelum akhirnya membeli yang baru.

Alasan beli iPhone baru

Alasan pengguna untuk meng-upgrade iPhone juga cenderung bergeser, dari yang awalnya karena fitur baru menjadi lebih kepada kebutuhan. Sekitar 75 persen responden menyebutkan bahwa ponsel lama mereka sudah usang atau perlunya mengganti perangkat yang hilang, rusak, atau dicuri.

Alasan lain adalah karena kinerja iPhone miliknya sudah menurun, seperti HP melambat, baterainya rusak, atau terdapat masalah lainnya. Hanya sekitar 18 persen pelanggan yang mengatakan bahwa fitur baru adalah alasan utama mereka melakukan upgrade.

Source link

Scroll to Top