Huawei Mate XT Resmi, Ponsel Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia

Huawei resmi meluncurkan ponsel lipat terbarunya, Mate XT pada Selasa (10/9/2024). Berbeda dengan ponsel lipat pada umumnya yang bisa dilipat jadi dua bagian, Huawei Mate XT merupakan perangkat yang layarnya bisa dilipat hingga tiga bagian.

Huawei mengeklaim mekanisme lipatan layar seperti ini menjadikan Mate XT ponsel lipat pertama di dunia yang dapat dilipat tiga kali.


AndroidAuthority Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.

Untuk bisa dilipat tiga, layar utama Huawei Mate XT yang memiliki panel OLED dengan rasio 16:11, berukuran 10,2 inci dan resolusi 2.232 x 3.184 piksel, didukung oleh dua engsel yang membagi layar ponsel menjadi tiga bagian.

Engsel ini diletakkan di sepertiga bagian kiri dan kanan layar utama yang dilindungi dengan kaca ultra tipis.

Komponen engsel di bagian kiri perangkat memungkinkan layar dilipat keluar, sedangkan engsel di bagian kanan memungkinkan layar dilipat ke dalam, mirip dengan fungsi engsel yang terdapat pada Galaxy Z Fold 6.

Ketika layar ponsel ini dilipat setengah, bentuknya akan menyerupai huruf “Z”. Ketika layar dilipat sepenuhnya, bagian layar yang dilipat keluar akan menampilkan layar sekunder (Cover Screen) berukuran 6,4 inci (1.008 x 2.232 piksel).

Menariknya, pengguna juga dapat melipat layar bagian kiri saja, sehingga Huawei Mate XT dapat menampilkan layar yang lebih luas dari Cover Screen dengan ukuran 7,9 inci (2.048 x 2.232 piksel).

Jika dilihat dari sisi kanan, kiri, atas, maupun bawah saat layar dilipat sepenuhnya, Huawei Mate XT tampak seperti tiga ponsel tipis yang ditumpuk rapi.

Huawei menyebutkan bahwa dimensi ketebalan ponsel ini cukup tipis, yaitu 3,6-4,8 mm ketika layar dibentangkan, dan 12,8 mm ketika ponsel dilipat sepenuhnya.

Spesifikasi Huawei Mate XT

Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.
GSMArena Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.

Dalam hal spesifikasi, Huawei Mate XT dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang tertanam dalam modul berbentuk segi delapan. Ketiga kamera ini masing-masing memiliki resolusi 50 MP (f/1.4-4.0, PDAF, OIS), 12 MP (f/3.4, telefoto, 5,5x optical zoom), dan 12 MP (f/2.2, ultrawide).

Kamera utama ponsel ini memiliki aperture variabel. Sehingga bukaannya dapat disesuaikan dari f/1.4 hingga 4.0, tergantung pada intensitas cahaya yang masuk ke dalam lensa kamera.

Di bagian depan, terdapat satu kamera 8 MP (f/2.2) yang terletak di bagian kiri atas layar utama.

Mengenai performa, Huawei belum mengungkap chipset yang digunakan dalam ponsel lipat tiga terbarunya ini. Rumor mengatakan bahwa “otak” yang digunakan adalah Kirin 9010 5G, yang juga digunakan pada ponsel flagship Huawei Pura 70 Series, dan perangkat ini juga mendukung komunikasi melalui satelit.

Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.
GSMArena Ilustrasi ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT.

Source link

Scroll to Top