Mengenal Mobil Pertama di Dunia

JAKARTA – Mobil adalah salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan saat ini. Di awal perkembangannya, mobil dirancang untuk menggantikan kereta kuda dalam mengangkut penumpang.

Secara umum, istilah automobile atau mobil diartikan sebagai kendaraan beroda yang memiliki mesin sendiri dan berfungsi untuk memindahkan penumpang dari satu tempat ke tempat lain.

Kata automobile berasal dari bahasa Perancis, merupakan gabungan dari dua kata, yaitu auto dari bahasa Yunani Kuno yang berarti “sendiri” dan mobilis dari bahasa Latin yang berarti “bergerak”.

Siapa yang menciptakan mobil pertama kali?


Sumber: Donny – Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d’Elegance.

Melihat sejarahnya, penemu mobil pertama adalah Nicolas-Joseph Cugnot, seorang ilmuwan asal Perancis, yang menciptakan mobil roda tiga bertenaga uap pada tahun 1769.

Menurut buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini yang ditulis oleh James Luhulima, meskipun Cugnot sering dianggap sebagai pencipta mobil, klaim tersebut sering diperdebatkan oleh beberapa ahli.

Mobil roda tiga yang dibuat Cugnot dianggap bukan mobil sejati, karena hanya mampu bergerak lurus sejauh beberapa meter sebelum menghantam tembok dan terhenti.

Mobil yang menggunakan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE) dan diakui sebagai mobil pertama di dunia adalah Benz Patent Motorwagen, karya Karl Friedrich Benz.

Pada 29 Januari 1886, Kantor Paten Kekaisaran yang berada di Berlin, Jerman memberikan paten No. 37435 kepada Karl Benz untuk mobil roda tiga yang diciptakannya.

Koran bergambar mobil-motor paten Benz pada 1 Desember 1888
Sumber: Wikimedia Commons – Koran bergambar mobil-motor paten Benz pada 1 Desember 1888

Benz Patent Motorwagen menggunakan mesin 4-tak, 1-silinder dengan kapasitas 984 cc, dan berbahan bakar bensin (yang dikenal sebagai ligroin pada saat itu).

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 0,9 PK pada 400 rpm dengan kecepatan maksimum 17 km per jam.

Surat kabar Neue Badische Landeszeitung pada 4 Juni 1886 menulis, “Sepeda Beroda Tiga Buatan Benz Menghasilkan Tenaga Hampir 1 PK.”

“Perusahaan saat ini memproduksi sepeda beroda tiga yang digerakkan oleh mesin yang serupa dengan mesin berbahan bakar gas. Mesin tersebut memiliki 1 silinder dengan diameter 9 sentimeter dan ditempatkan pada per di atas as roda belakang, tepat di tengah-tengah,” sebagaimana dikutip dalam buku tersebut.

Meskipun penampilannya terlihat kurang meyakinkan, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hampir 1 PK pada 300 putaran mesin per menit (rpm), yang berarti kendaraan itu dapat melaju secepat kereta api.

James Luhulima juga menulis bahwa suara mobil tersebut mirip dengan suara mesin pemotong rumput saat ia menumpang di replika Benz Patent Motorwagen di Frankfurt Motor Show pada tahun 2007.

Source link

Scroll to Top