Mau Simpan Ban Mobil, Jangan Ditumpuk

JAKARTA – Ban mobil terbuat dari karet yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, berbeda dengan produk seperti roti atau bahan makanan lainnya yang dapat basi.

Bagus Raditya, Supervisor Trijaya Ban 83 di Otista, Jakarta Timur, menjelaskan bahwa jika ban disimpan dengan baik, maka kualitasnya tidak akan menurun.


Ilustrasi ban mobil baru

“Dalam proses penyimpanan, ban tidak boleh ditumpuk sembarangan karena dapat merusak struktur ban,” ujar Adit.

Menurut Adit, terdapat aturan dalam menumpuk ban di Bridgestone, yaitu maksimal lima tumpuk untuk beberapa ukuran dan sepuluh tumpuk untuk ukuran lainnya.

“Jika penyimpanan dilakukan dengan cara yang tepat dan ban belum pernah digunakan, maka kualitasnya tetap terjaga. Dalam jangka waktu lima tahun, tidak akan ada perbedaan signifikan,” ujarnya.

Ilustrasi ban mobil bekas.
Ilustrasi ban mobil bekas.

Namun, Aditya menjelaskan bahwa garansi dari pabrik hanya berlaku selama lima tahun setelah produksi. Jika ada masalah setelah periode tersebut, maka klaim tidak dapat dilakukan.

Yang terpenting, tambahnya, adalah standar penyimpanan ban yang baik.

“Penyimpanan di gudang bengkel harus dihindari dari panas dan bahan kimia seperti oli. Selain itu, ban tidak boleh ditumpuk sembarangan harus mengikuti batasan tertentu,” ujarnya.

Source link

Scroll to Top