Apple Watch Series 10 Ternyata Pakai Sensor Lawas

Apple Watch Series 10 resmi diluncurkan sebagai smartwatch terbaru saat acara Apple Event di Amerika Serikat, pada Senin (9/9/2024). Jam pintar ini diklaim menjadi yang tertipis dengan layar paling besar di antara generasi sebelumnya.

Namun, meskipun desainnya diperbarui, sensor pemantau jantung dan elektrokardiogram pada Apple Watch Series 10 merupakan sensor lama, yang juga telah digunakan pada Watch Series 9.

Informasi mengenai sensor ini tidak dijelaskan secara rinci saat acara peluncuran, tetapi halaman resmi produk menegaskan bahwa sensor yang digunakan adalah generasi ketiga dari sensor sebelumnya.

Saat membandingkan spesifikasi, fitur kesehatan yang ditawarkan oleh Watch Series 10 juga mirip dengan Watch Series 9. Pembedanya adalah kehadiran sensor baru yang dapat mengukur suhu dan kedalaman air untuk mendukung aktivitas di dalam air.

Sensor ini dapat mengukur hingga kedalaman 6 meter di bawah permukaan air, memungkinkan pengguna untuk menikmati kegiatan seperti menyelam dangkal atau snorkeling.


Apple

Seperti pendahulunya, Watch Series 10 juga dilengkapi dengan deteksi sleep apnea yang dapat memberikan laporan kesehatan terkait gangguan pernapasan saat tidur. Setiap 30 hari, jam tangan akan menganalisis data yang terkumpul dan memberikan peringatan jika kemungkinan pengguna berisiko mengalami sleep apnea.

Namun, fitur ini masih menunggu persetujuan dari badan otoritas, termasuk Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA). Apple berharap bisa mendapatkan izin dari FDA dan lembaga-lembaga lain di lebih dari 150 negara pada bulan ini.

Apple Watch Series 10 mendukung berbagai fitur pelacakan olahraga seperti lari, renang, bersepeda, yoga, pilates, HIIT, golf, dan aktivitas lainnya.

Menggunakan Chip Apple S10

Hal baru pada Watch Series 10, selain desain, adalah penggunaan chip Apple S10 yang menjalankan berbagai tugas termasuk fitur kecerdasan buatan. Contohnya, speaker baru yang memungkinkan pengguna mendengarkan musik, podcast, atau melakukan panggilan telepon langsung tanpa perlu menggunakan headphone.

Chipset ini juga memanfaatkan kecerdasan AI untuk meredam kebisingan demi meningkatkan kualitas panggilan.

Fitur lain pada Apple Watch Series 10 termasuk watchOS 11, Emergency SOS, crash detection, WiFi 4, Bluetooth 5.2, Apple Pay, dan 4G/LTE.

Harga Apple Watch Series 10 setara dengan generasi sebelumnya. Untuk model Aluminium, dibanderol mulai 400 dollar AS (sekitar Rp 6,1 juta), sedangkan versi Titanium mulai 700 dollar AS (sekitar Rp 10,8 juta).

Dua ukuran tersedia yaitu 42 mm dan 46 mm. Versi casing aluminium hadir dalam warna Rose Gold, Silver, dan Jet Black, sementara versi Titanium tersedia dalam warna Natural, Gold, dan Slate Grey.

Source link

Scroll to Top