Samsung Rilis TV Neo QLED 8K Baru di Indonesia dengan Fitur AI

 

JAKARTA – Samsung merilis televisi pintar (smart TV) terbaru seri Neo QLED 8K pada Kamis (12/9/2024) di Menteng, Jakarta Pusat.

Ada tiga seri yang dirilis, yaitu Neo QLED 8K QN800D yang tersedia dalam ukuran 65 inci dan 75 inci, serta QN900D dengan ukuran layar 85 inci.

Samsung TV Neo QLED 8K mengedepankan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) yang memungkinkan televisi menawarkan berbagai fitur, seperti AI Upscaling Pro, AI Sound, dan AI Optimization.

Dengan fitur AI Upscaling Pro, televisi ini dapat mentransformasikan dan meningkatkan kualitas gambar hingga beresolusi 8K. Selain itu, ada juga AI Motion Enhancer Pro yang berfungsi untuk meningkatkan ketajaman dan kontras objek yang ditampilkan.

“Segala sesuatu sekarang sudah menggunakan dan butuh (teknologi) AI. Cara kita mengonsumsi televisi sudah berbeda. Televisi Samsung berbasis AI dimungkinkan juga karena chipsetnya yang menggunakan NQ8 AI Gen 3 Processor,” ujar Head of Product, AV Business Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin.

Ubay juga menjelaskan bahwa prosesor terbaru ini mengalami peningkatan dibanding generasi sebelumnya, seperti kinerja NPU yang dua kali lebih cepat, mampu memproses AI Neural 25 kali lebih lancar, CPU yang dua setengah kali lebih cepat dengan kinerja GPU yang lebih baik sebesar 30 persen.

Fitur AI yang disediakan tidak hanya berfokus pada gambar, tetapi juga mampu mengenali preferensi tayangan yang ditampilkan. Misalnya, melalui AI Customization Mode dan AI Auto Game Mode.

“Televisi ini sudah pintar karena dapat menyesuaikan tingkat keterangan sesuai dengan kondisi ruangan, beralih otomatis menjadi warm atau cold,” tambah Ubay.

Contohnya, saat menonton tayangan tertentu, televisi bisa mengubah warna ke arah cold (dingin) atau warm (hangat).

Sementara untuk AI Auto Game, televisi dapat mendeteksi jenis game yang dimainkan, baik itu RPG, RTS, FPS, dan lainnya.

KOMPAS.com/Caroline Saskia. Head of Product, AV Business Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin yang tengah mempresentasikan fitur-fitur bertenaga AI di Samsung TV Neo QLED 8K 85 inci.

Televisi baru ini juga mampu merekomendasikan tayangan dari layanan OTT (over-the-top) sesuai dengan akun yang terdaftar. Terdapat maksimal 10 slot akun yang dapat disimpan, cocok untuk keluarga yang ingin menonton bersama.

“Jadi, jika ada anak-anak, akan direkomendasikan video atau film kartun, sementara orang tua bisa mendapatkan rekomendasi film berdasarkan riwayat tontonan dari layanan OTT,” ungkap pihak Samsung Indonesia dalam sesi tanya jawab media.

Spesifikasi Samsung TV Neo QLED 8K

Samsung TV Neo QLED hadir dalam beberapa ukuran, yakni 85 inci, 75 inci, dan 65 inci. Desain layarnya mengadopsi model datar yang dirancang dengan bodi tipis serta bezel layar yang juga tipis.

Source link

Scroll to Top