Perbedaan Logo Yamaha Motor dan Yamaha Musik

JAKARTA – Yamaha dikenal sebagai salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia dengan logo tiga garpu tala. Selain memproduksi sepeda motor, Yamaha juga terkenal sebagai produsen alat musik.

Yamaha memulai perjalanan sebagai pembuat alat musik sebelum terjun ke industri sepeda motor. Saat didirikan, Yamaha terkenal dengan produk seperti piano, pianika, dan gitar.

Yamaha didirikan oleh Torakusu Yamaha di Hamamatsu, Jepang pada tahun 1887. Pada awalnya, perusahaan ini bernama Nippon Gakki Co. Ltd dan memproduksi organ buluh.


Foto: a1decals.com
Perbedaan logo Yamaha musik dan Yamaha motor

Yamaha mulai memproduksi sepeda motor pada tahun 1955 setelah Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II. Motor pertama yang diproduksi adalah Yamaha YA-1, yang sukses besar dan memicu berbagai produk lainnya hingga saat ini.

Singkat cerita, Yamaha yang memproduksi alat musik dikenal sebagai Yamaha Corporation, sedangkan Yamaha yang memproduksi sepeda motor berada di bawah naungan Yamaha Motor Corporation.

Keduanya menggunakan logo yang sama yakni logo garpu tala. Namun, terdapat perbedaan yang cukup jelas antara logo Yamaha motor dan Yamaha musik jika diteliti lebih seksama.

Perbedaan logo Yamaha musik dan Yamaha motor
Foto: motorcycle-logos.com
Perbedaan logo Yamaha musik dan Yamaha motor

1. Warna

Secara umum, warna utama pada logo Yamaha motor adalah merah yang melambangkan kedamaian, keamanan, kemakmuran, dan kekuatan. Sementara itu, logo Yamaha musik menggunakan warna dasar ungu, yang melambangkan pejuang, kemurahan hati, dan kekuatan.

2. Emblem

Perhatikan bahwa pada logo Yamaha Corporation (Yamaha musik), ujung garpu tala masih berada di dalam lingkaran, sedangkan pada Yamaha motor, ujung garpu tala menembus garis lingkaran tersebut.

3. Huruf

Perbedaan lain terletak pada detail. Pada logo Yamaha musik, ujung tengah huruf “M” dibuat menggantung, sementara pada logo Yamaha Motor Corporation, ujung tengah huruf “M” dibuat lebih panjang.

Source link

Scroll to Top