Bawa BMW G310GS ke Habitatnya, Pas Dipakai Off-Road

JAKARTA – BMW G310GS adalah varian GS terendah yang ditawarkan oleh BMW Motorrad saat ini, dengan harga di Indonesia mulai dari Rp 159,9 juta untuk warna Cosmic Black 3, dan Rp 165,9 juta untuk pilihan warna lainnya.

Pengujian terhadap BMW G310GS terasa tidak lengkap jika hanya dilakukan di jalan aspal, sehingga motor ini dibawa ke daerah Hambalang, Sentul, Kabupaten Bogor untuk menjajal kemampuan off-road-nya.

Foto oleh ADITYO BMW G310GS

Jalanan yang dilalui diisi dengan batuan yang tidak rata, serta akses jalan dekat sungai yang dipenuhi pasir dan batu kerikil. Dari segi ergonomi, posisi duduk terasa nyaman meski penguji memiliki tinggi badan 178 cm. Namun, saat berkendara off-road, pengendara harus sedikit berdiri atau jongkok agar tumpuan beban lebih berada di kaki daripada di bawah.

BMW G310GSFoto oleh ADITYO BMW G310GS

Saat penguji berdiri atau jongkok, foot peg atau tempat kaki terasa kokoh. Setang yang lebar juga memberikan kenyamanan lebih saat melakukan manuver tanpa duduk.

Pada kondisi jalan non-aspal, idealnya fitur ABS roda belakang dimatikan. Namun, pada G310GS, setelan ABS tidak bisa dimatikan dan akan selalu aktif, yang membuat motor sulit untuk digunakan sliding ketika rem belakang diinjak keras.

BMW G310GSFoto oleh ADITYO BMW G310GS

Walaupun demikian, G310GS tetap bisa dikendarai di trek off-road dengan baik. Ketika melewati jalanan yang tidak rata, mesin 313cc yang menghasilkan tenaga 34 TK dan torsi 28 Nm mampu melibas berbagai kondisi dengan baik.

BMW G310GSFoto oleh ADITYO BMW G310GS

Suspensi depan dan belakang yang memiliki travel hingga 180mm juga terbukti tidak mentok saat diuji, membuat motor ini mampu melewati beragam kondisi jalan dengan aman.

Secara keseluruhan, BMW G310GS dapat dikatakan mumpuni untuk digunakan di jalanan yang tidak rata dan non-aspal. Kekuatan dan torsi yang tersedia, serta bobot sekitar 175 kg membuatnya cukup ringan untuk kategori motor petualang.

Source link

Scroll to Top