Perjalanan Jakarta-Semarang Tanpa Isi Daya Pakai Hyundai Kona Electric

SEMARANG – Dalam perjalanan Hyundai Media Drive All New Kona Electric, peserta uji coba tidak diberikan kesempatan untuk mengisi daya. Meskipun demikian, mobil listrik ini berhasil mencapai kota tujuan tanpa pengisian ulang.

Para peserta menggunakan All New Kona Electric tipe tertinggi, yaitu Signature Long Range, yang dilengkapi baterai berkapasitas 66 kWh, dengan klaim jarak tempuh hingga 549 Km.

Perjalanan dimulai dari Jakarta pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB. Indikator baterai menunjukkan angka 99 persen. Dengan kapasitas tersebut, Kona Electric diperkirakan bisa menempuh 468 Km dengan penggunaan AC dan 515 Km tanpa AC.

Dok. Hyundai Hyundai All New Kona Electric

Jarak yang harus ditempuh antara Jakarta dan Semarang diperkirakan sekitar 450 Km. Namun, ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh peserta selama perjalanan.

Kecepatan maksimum yang disarankan adalah 90 kilometer per jam. Oleh karena itu, tidak ada peserta yang memacu Kona Electric hingga kecepatan maksimum atau menyentuh 110 kilometer per jam.

Mode berkendara yang digunakan adalah Eco, dan pengereman regeneratif disetel pada posisi Auto. Peserta tidak disarankan untuk melakukan akselerasi mendadak agar tidak menguras daya baterai secara berlebihan.

Hyundai All New Kona ElectricDok. Hyundai Hyundai All New Kona Electric

AC diatur pada temperatur 17 derajat Celcius dan kecepatan kipas hanya disetel pada level 1.

Satu mobil diisi oleh tiga orang dengan total bobot maksimal sekitar 250 Kg. Ketiganya mengemudi secara bergantian, sehingga pola berkendara yang digunakan pun beragam.

Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric saat memulai perjalanan dari Jakarta menuju SemarangKompas.com/Donny Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric saat memulai perjalanan dari Jakarta menuju Semarang

Kondisi lalu lintas cukup lancar hingga sampai di Semarang. Namun, sebelum mencapai tujuan, rombongan berhenti sejenak di Rest Area KM 207A di Cirebon, Jawa Barat.

Perhentian ini dilakukan setelah menempuh jarak 196,8 km dalam waktu 3 jam. Indikator baterai menunjukkan daya yang tersisa tinggal 63 persen, dengan perkiraan jarak tempuh 295 km menggunakan AC dan 329 km tanpa AC.

Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric saat beristirahat di Rest Area KM 207A pada perjalanan dari Jakarta menuju SemarangKompas.com/Donny Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric saat beristirahat di Rest Area KM 207A pada perjalanan dari Jakarta menuju Semarang

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dan rombongan juga berhenti di Rest Area 379A. Setelah beristirahat, perjalanan dilanjutkan pada sore hari hingga akhirnya tiba di Semarang malam hari.

Total waktu perjalanan adalah 7 jam dengan jarak yang dicatat sebesar 412,8 Km. Baterai yang tersisa mencapai 15 persen, sedangkan rata-rata konsumsi daya pada panel instrumen adalah 7,5 Km/kWh.

Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric setelah sampai Semarang setelah melakukan perjalanan dari JakartaKompas.com/Donny Indikator baterai Hyundai All New Kona Electric setelah sampai Semarang setelah melakukan perjalanan dari Jakarta

Mengenai kenyamanan berkendara, di baris pertama cukup baik bagi pengemudi dan penumpang. Namun, terdapat sedikit catatan untuk baris kedua, terutama saat siang hari. Dengan AC yang diatur pada 17 derajat Celcius dan kipas di level 1, kehangatan tidak cukup merata di belakang. Suspensi juga terasa sedikit kaku dan bisa melelahkan bagi penumpang di baris kedua dalam perjalanan jauh.

All New Kona Electric tipe Signature Long Range dilengkapi dengan motor listrik berdaya 160 kW dan torsi 255 Nm. Mobil listrik ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 7,5 detik, dengan kecepatan maksimum mencapai 172 kilometer per jam.

Source link

Scroll to Top