JAKARTA – Pengguna motor matik yang ingin meningkatkan performa motornya memiliki banyak pilihan untuk dimodifikasi.
Selain melakukan bore up atau stroke up, pemilik motor juga dapat memodifikasi CVT atau mengupgrade komponen yang ada.
Modifikasi CVT sangat populer di kalangan pemilik motor matik karena beberapa alasan. Di antaranya, prosesnya yang mudah, risiko yang minim, hasil yang dapat dirasakan dengan signifikan, serta biaya yang relatif terjangkau.
Ilustrasi bengkel motor yang menyediakan berbagai jenis ban motor
Toga Fantiarso, pemilik bengkel spesialis skutik Gas Motor, menyatakan bahwa istilah modif kirian sudah muncul sejak penjualan skutik mulai ramai pada tahun 2004.
“Modif kirian itu fokus pada ubahan komponen di sektor CVT,” ujar Toga.
Menurutnya, modif kirian menjadi pilihan pertama bagi pengendara yang ingin meningkatkan performa motor mereka.
Kata ‘kirian’ merujuk pada letak CVT motor matik yang umumnya berada di sisi kiri pengendara.
Di sisi lain, Yoga Ningrat, pemilik bengkel spesialis skutik Yoga Motoshop, mengatakan bahwa ada beberapa komponen yang dapat diubah saat melakukan modif kirian.
Paling umum, pengendara mengganti roller dengan yang lebih ringan atau lebih berat sesuai kebutuhan mereka.
“Macam-macam, bisa juga ganti per CVT, per sentrifugal, belt, ganti kampas ganda, ganti mangkuk kampas ganda, ubah sudut puli, hingga ubah gir rasio,” ucap Yoga.