JAKARTA – New Honda PCX 160 yang diluncurkan pada akhir 2024 hadir dengan desain yang sepenuhnya baru serta berbagai teknologi canggih.
Secara keseluruhan, desainnya tidak mengalami perubahan yang signifikan, dan New Honda PCX 160 masih mempertahankan kemiripan dengan model sebelumnya.
Namun, perhatian utama terletak pada lampu depan yang kini lebih ramping dan windshield yang lebih kecil di bagian depan.
Untuk bagian sepatbor, sokbreker, pelek, kaliper rem, dan ban depan masih mempertahankan desain dari model sebelumnya.
Menuju bagian kemudi, perubahan paling mencolok adalah penambahan cover setang yang mengesankan motor ini lebih mewah.
Meskipun demikian, absenya setang telanjang dengan jalu berwarna krom justru mengurangi kesan tersebut.
Penyematan cover setang pada New PCX 160 mungkin bertujuan untuk menambah kesan mirip dengan Forza 250.
Perubahan ini menjadi yang pertama bagi PCX generasi kelima, karena empat generasi sebelumnya konsisten menggunakan setang telanjang.
Pada varian tertinggi, New PCX 160 kini dilengkapi dengan panel indikator layar TFT berukuran 5 inci. Layarnya terlihat cerah baik pada siang maupun malam hari, meskipun detailnya yang kecil mungkin memerlukan adaptasi dari pengendara.
Sementara untuk versi CBS dan Non ABS, desainnya sedikit berbeda. Tampilannya masih mirip dengan model sebelumnya, tetapi tetap menggunakan setang dengan cover.
Perbedaan juga terlihat pada bagian saklar. Di sebelah kanan terdapat tombol idling stop, lampu hazard, dan starter.
Saklar sebelah kiri kini lebih lengkap dibanding sebelumnya, dilengkapi tombol seperti joystick yang mengatur layar indikator.
Tambahan lain termasuk tombol Traction Control, tombol klakson, lampu sein, serta tombol Pass Beam dan lampu jauh yang dapat dioperasikan menggunakan jari telunjuk.
Walaupun tampak baru dan segar, ukuran tombol klakson yang lebih kecil ternyata membuatnya lebih sulit digunakan.
Pengendara memerlukan adaptasi lebih lama, terutama karena tombol klakson pada model sebelumnya menggunakan ukuran yang lebih besar.
Di bagian bawah dasbor, di sebelah kanan, terdapat pengaturan kunci keyless yang tetap sama dengan sebelumnya, termasuk tombol pembuka jok dan tangki bahan bakar.
Sementara di sebelah kiri terdapat laci kecil dengan penutup yang dapat digunakan untuk menyimpan smartphone, lengkap dengan colokan USB Type-C di dalamnya.
Meski berguna, tapi ukuran laci ini terasa kurang besar. Idealnya, bisa juga digunakan untuk menyimpan botol minuman.
Tangki motor ini masih menggunakan ukuran 8 liter, yang tergolong besar di kelasnya.
Desain footstep depan secara umum tetap sama, tetapi Honda mengklaim bahwa ukuran footstep kini sedikit lebih lebar dibandingkan model sebelumnya.
Dengan berkurangnya bagian cover bodi di kaki, pengendara merasa lebih leluasa saat menggerakkan kaki.
Perbedaan juga terlihat di footstep belakang. Meskipun masih lebar, model terbaru tidak dilengkapi pelapis karet.
Beranjak ke bagian jok, secara umum tidak banyak mengalami perubahan. Begitu juga dengan bagasi yang luas, dengan kapasitas 30 liter.
Desain joknya lebih ramping di bagian depan, sehingga pengendara dengan tinggi 165 cm masih dapat menapak dengan kakinya, meskipun tidak sepenuhnya.
Behel belakang juga masih dilindungi cover, dan jika dilepas, terletak dudukan untuk menambah boks.
Terakhir, lampu belakang New PCX 160 telah mengalami perubahan dengan desain yang lebih tajam, serta lampu untuk menerangi pelat nomor, memberikan tampilan yang lebih futuristik secara keseluruhan.
Selain desain baru, perubahan terbaru pada New Honda PCX 160 meliputi penyematan USB Type-C Charger dan Handlebar Cover.
Tidak ketinggalan penggunaan lampu LED pada sistem pencahayaan dengan desain lampu depan dan belakang terbaru.
Berbagai fitur eksklusif lainnya seperti Pass Beam Switch pada handlebar dan panel meter TFT berukuran 5 inci dengan dua mode, yaitu mode siang dan malam, juga tersedia pada skuter ini.
Selain itu, New Honda PCX 160 juga dilengkapi fitur Smartphone Connection, yaitu Honda Roadsync yang menawarkan fungsi navigasi, telepon, musik, pesan, hingga command suara.
Fitur Roadsync dapat dianggap sebagai perbedaan paling signifikan antara PCX 160 yang baru dan yang lama, karena memungkinkan integrasi smartphone dengan layar instrumen di motor.