JAKARTA – Honda Forza hadir dalam segmen skuter bongsor 250cc. Motor ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2018 dan telah mengalami sejumlah pembaruan pada tahun 2021.
Setelah hampir empat tahun, kami kembali mencoba merasakan sensasi berkendara menggunakan Forza model tahun 2021.
Kali ini, Forza 2021 dibawa untuk perjalanan jauh dari Jakarta ke Sukabumi, dengan total jarak tempuh sekitar 275 km.
Motor yang didatangkan langsung dari Thailand ini ternyata tetap menyenangkan untuk dikendarai.
Meskipun belum ada pembaruan terbaru, tampilan Forza 2021 masih terbilang modern dan tidak ketinggalan zaman. Desain aerodinamis dan lancipnya sesuai dengan tren skuter bongsor saat ini.
Secara keseluruhan, desain bodi Forza 2021 mengusung lekukan tajam dan lampu depan besar yang mirip dengan PCX 160 (generasi kedua).
Seringkali kami diajak ngobrol oleh orang asing saat berhenti di minimarket, yang penasaran melihat Forza secara langsung, karena motor ini cukup jarang ditemui di jalan raya. Banyak yang menyukai tampilannya yang elegan, tetapi terkejut saat mengetahui harganya.
Fitur yang ditawarkan cukup lengkap untuk mendukung touring. Kluster instrumen menampilkan informasi kecepatan, takometer, dan layar digital dengan backlight negatif di tengahnya.
Selain itu, terdapat informasi tambahan seperti odometer, range, konsumsi BBM, suhu udara, voltase aki, serta indikator kontrol traksi, ABS, status kunci motor, overheat, level oli, dan pass beam.
Berkendara menjadi lebih percaya diri dengan adanya fitur Honda Selectable Torque Control.
Secara sederhana, HSTC berfungsi untuk mencegah roda belakang selip atau kehilangan traksi saat akselerasi, terutama di permukaan jalan yang licin, basah, atau saat cuaca buruk.
HSTC dapat diatur tingkat intervensinya. Pengendara bisa memilih untuk mengaktifkan atau mematikannya, tergantung pada kondisi berkendara dan preferensi pribadi.
Kami terus mengaktifkan fitur ini, terutama saat cuaca hujan dan jalan basah. Meskipun berkendara tidak terlalu kencang, penggunaan HSTC ini memberikan rasa percaya diri yang lebih saat berkendara.
Untuk kepraktisan membawa barang, konsol boks di sebelah kiri dapat menampung dua botol minum ukuran 660 ml atau telepon genggam.
Bagi yang ingin mengisi daya ponsel, tersedia soket charger tipe C, menggantikan model lighter yang sebelumnya ada. Laci di sebelah kiri ini juga terintegrasi dengan kunci setang, sehingga laci tidak dapat dibuka saat setang terkunci.
Fitur lain adalah bagasi Forza 2021 yang cukup luas, dengan kapasitas 48 liter. Bagasi ini dapat menampung dua helm full face serta beberapa barang tambahan yang berguna saat touring.
Spesifikasi mesin Forza 2021 memiliki diameter x langkah 67 mm x 70,7 mm dengan kapasitas 249 cc. Mesin berkarakter overstroke ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 22,7 Tk pada 7.500 rpm dan torsi 24 Nm.
Secara keseluruhan, tenaga Forza 2021 cukup untuk berkendara sehari-hari atau perjalanan jarak jauh. Akselerasi dari 0-80 kpj terasa mudah. Tarikan mesin cepat tetapi lembut, bukan tipe yang “ngejambak” ke belakang.