JAKARTA – Modifikasi swap engine atau mengganti mesin kendaraan dengan mesin dari model yang berbeda kini semakin populer di kalangan pecinta otomotif.
Modifikasi ini tidak hanya meningkatkan performa, tetapi juga memberikan sentuhan yang lebih personal pada kendaraan.
Melalui swap engine, pemilik kendaraan dapat menyesuaikan karakter motor sesuai dengan preferensi masing-masing.
Salah satu contoh modifikasi ini dilakukan oleh Hattaya Elandra yang berasal dari Denpasar, Bali, yang mengganti mesin Honda Beat dengan mesin Vario 160.
Modifikasi ini cukup unik, mengingat Beat awalnya adalah skutik kecil berkapasitas 110 cc. Namun berkat kreativitas Hattaya, Beat ini seolah mendapatkan facelift besar karena kapasitas mesinnya meningkat secara signifikan.
Secara visual, motor ini masih tampak standar, namun memberikan kesan lebih berotot. Dari pandangan umum, perubahan mesinnya tidak terlihat jelas, tetapi perbedaannya akan terasa saat mengendarainya.
Untuk melakukan modifikasi ini, Hattaya membeli satu unit Honda Beat tahun 2020 dan satu unit Vario 160 tahun 2022. Proses pengerjaan dilakukan sendiri di garasi rumahnya.
Menurut Hattaya, modifikasi yang dilakukan cukup banyak. Secara umum, motor ini menggunakan sasis dan bodi milik Beat, sementara bagian kaki-kaki dan mesinnya berasal dari Vario 160.
“Tantangan terbesar ada di sistem kelistrikan, terutama pada lampu depan. Saat ini, masih ada pekerjaan rumah di lampu utama yang salah fungsi,” ujar Hattaya.
“Namun, kelistrikan lainnya telah aman, menggunakan kabel bodi Vario 160, tinggal disambungkan dengan lampu-lampu dan saklar. Dan dudukan kunci keyless sudah di-fitting ulang, dudukan ECU juga diubah,” tambahnya.
Kedua motor ini sebenarnya sudah dibeli pada Januari 2024, tetapi karena kesibukan, proses pengerjaan tuntas pada Mei 2024.
Estimasi biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 35 juta hingga Rp 40 juta, sudah termasuk untuk dua unit motor tersebut.
“Pada mesin, modifikasi yang dilakukan meliputi engine mounting; beruntung posisi engine mounting untuk Beat 2020 dan Vario 160 2022 sama-sama berada di atas, sehingga tidak terlalu sulit. Selain itu, penempatan reservoir air radiator juga mengalami sedikit perubahan agar sesuai dengan bodi,” jelas Hattaya.
“CVT juga dimodifikasi, terutama bagian mangkuk kampas ganda, kampas ganda itu sendiri, per CVT, roller, vanbelt, rumah roller, dan pulley pin, serta busi menggunakan busi iridium. Saat digeber, motor ini mampu mencapai kecepatan maksimal 155 Kpj,” ujarnya.