GARUT – Setelah melakukan perjalanan singkat ke pabrik perakitannya di kawasan Cikarang, Jawa Barat, kami kembali mendapatkan kesempatan untuk menjajal ketangguhan Hyundai Santa Fe.
Perjalanan berlangsung dari Stasiun Padalarang menuju Kawah Kamojang, Kabupaten Bandung, dan berakhir di Hotel Santika Garut, Jawa Barat pada Rabu (4/12/2025).
Jalur bebas hambatan, jalanan kota yang padat, serta medan berliku dan tanjakan curam pada ketinggian 1.730 meter di atas permukaan laut menjadi arena pengujian ketangguhan SUV generasi kelima dari Hyundai ini.
dok.HMID Test drive Hyundai Santa Fe Hybrid
Santa Fe yang digunakan dalam sesi ini, dilengkapi mesin Smartstream G2.5 GDi, memproduksi tenaga 194 PS pada 6.100 RPM. Meskipun bukan varian hybrid, mobil ini berstatus Naturally Aspirated (NA), sehingga pada saat-saat tertentu seperti di tanjakan, suara mesin terdengar jelas akibat tingginya RPM saat perpindahan gigi.
Mobil tersebut diisi oleh empat orang dewasa dengan rata-rata beban 70 kg.
Distribusi tenaganya pun terbilang cukup ada jeda, meskipun torsi yang dimiliki cukup besar, yakni 232 Nm. Kondisi ini terasa saat pedal gas diinjak untuk menyalip kendaraan lain di depan.
dok.HMID Test drive Hyundai Santa Fe
Pengaturan suspensinya patut diacungi jempol, mampu meredam guncangan dengan baik, tidak terasa kaku namun juga tidak terlalu empuk saat melewati gravel dan polisi tidur.
Dari posisi berkendara, mobil menawarkan kenyamanan yang baik. Meskipun memiliki bonnet yang cukup besar, visibilitas ke depan masih jelas, begitu pula untuk samping dan belakang berkat pengaturan jok yang sudah elektris.
Hal menarik lainnya adalah setir kemudi yang terlihat ramping dengan tombol pengaturan berbentuk kotak, mencerminkan desain eksterior mobil.
Untuk handling atau pengendalian, sangat solid dan presisi. Sangat menyenangkan, terutama saat melintas di turunan.
Apalagi, mobil ini menggunakan tuas persneling model putar yang mirip dengan lini EV Hyundai lainnya, seperti Ioniq 5 dan Kona EV.
Pedal shifter yang disematkan juga mempermudah pengaturan pengereman regeneratif, memberikan sensasi berkendara yang efisien, sporty, dan modern.
dok.HMID Interior Hyundai Santa Fe Generasi ke-5
Selain itu, fitur Drive Mode seperti Eco, Sport, dan My Drive mempermudah pengemudi menyesuaikan performa kendaraan dengan kondisi jalan.
Dalam total perjalanan sejauh 108,7 km, tanpa menerapkan metode berkendara Eco Driving—dalam arti mode berkendara yang sering berubah, medan yang naik-turun, serta kondisi cuaca gerimis—konsumsi BBM Hyundai Santa Fe bermesin ICE tercatat sebesar 7,3 km per liter.