Saingi Kawasaki Ninja ZX-4R, Honda Siap Luncurkan CBR400R Four

JAKARTA – Di antara pabrikan Jepang, Kawasaki telah memukau dunia sepeda motor dengan peluncuran Ninja ZX-4R dan ZX-4RR.

Sportbike bermesin Inline-Four berkapasitas kecil yang mampu berputar tinggi ini menjadi dambaan konsumen, terutama di Amerika Serikat.


Foto: GreatBiker Honda CBR400RR 4-Silinder

Dilansir dari laman Motorcycle (14/9/2024), permohonan merek dagang yang diajukan pada 27 Agustus di kantor kekayaan intelektual Jepang menegaskan bahwa perusahaan ingin melindungi nama “CBR400R Four.”

Nama ini tampaknya secara jelas merujuk pada sportbike Inline-Four, berbeda dari model CBR400R yang ada saat ini yang menggunakan mesin dua silinder.

Seperti diketahui, CBR400 diperkenalkan pertama kali pada tahun 1983, yang merupakan model pertama dari lini CBR.

Dengan mesin Inline-Four berpendingin udara dan sistem katup berkecepatan tinggi “REV,” CBR400 adalah pendahulu dari teknologi VTEC yang terkenal. CBR400F adalah salah satu varian awal yang dikembangkan menjadi model-model seperti CBR400RR.

Saat ini, terdapat CBR400R yang dijual di Jepang, tetapi model ini sebenarnya adalah versi dua silinder dari CBR500R dengan kapasitas mesin yang diperkecil untuk memenuhi regulasi Jepang.

Dengan menambahkan “Four” ke dalam namanya, perusahaan ini jelas ingin membedakan model baru ini dari varian dua silinder yang ada dan mengembalikan desain mesin Inline-Four ke dalam portofolionya.

Source link

Scroll to Top