Yamaha Lagi Kembangkan Mesin V4 buat MotoGP

JAKARTA – Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, mengkonfirmasi rumor bahwa Yamaha sedang menyiapkan mesin V4 untuk MotoGP. Meskipun demikian, mesin tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Dalam wawancara yang disiarkan, Lin Jarvis menegaskan bahwa Yamaha benar-benar sedang fokus pada pengembangan mesin V4, dan saat ini tim mereka bekerja keras guna menyempurnakannya.

“Ini sudah direncanakan sejak lama. Mesin inline 4 sebenarnya masih bisa dikembangkan. Namun, dengan tren saat ini yang cenderung menggunakan V4, kami merasa penting untuk memahami potensi mesin tersebut dibandingkan dengan inline 4,” jelas Lin Jarvis.

Dok. Yamaha Desain livery Monster Energy Yamaha MotoGP untuk musim 2024 bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins.

Oleh karena itu, Yamaha memutuskan untuk memulai proyek pengembangan mesin V4 untuk MotoGP. Mengenai progresnya, Lin Jarvis tidak dapat memberikan detail lebih lanjut, namun ia mengatakan bahwa semuanya berjalan sesuai rencana.

“Mesin sudah dites, namun belum dipasang pada motor. Belum saatnya. Kami masih dalam proses pengembangan dan desain. Setelah siap, kami akan menguji ketahanannya dan membawa ke trek,” ungkap Lin Jarvis.

Mengenai kapan mesin V4 akan terlihat di trek, Lin Jarvis menyatakan bahwa itu akan terjadi saat mesin tersebut telah menunjukkan kinerja lebih baik dibandingkan mesin yang ada saat ini. Saat ini, Yamaha masih mempertimbangkan pilihan antara menggunakan V4 atau tetap dengan inline 4 untuk musim 2027 ketika regulasi baru diberlakukan.

“Namun, perubahan regulasi tersebut masih lama. Kami harus memulai secepatnya untuk mengumpulkan pengalaman. Berdasarkan pengembangan yang ada, semoga hasilnya positif, dan mungkin di pertengahan 2026 kita akan melihat mesin V4 Yamaha diuji di trek,” jelas Lin Jarvis.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu untuk akses berita terbaru.

Source link

Scroll to Top