Ingin Ikut Lomba Lari? Sontek Tips Sehat dari Nirina Zubir Agar Tampil Prima

Lomba lari seperti fun run, marathon, dan sejenisnya semakin diminati masyarakat Indonesia, termasuk selebritas Nirina Zubir yang telah lama menerapkan gaya hidup sehat.

Sebelum mengikuti lomba lari, penting untuk melakukan serangkaian persiapan guna meminimalkan risiko, sehingga bisa berpartisipasi dengan stamina dan kondisi fisik yang terbaik, seperti yang dilakukan Nirina Zubir.

Apa saja persiapan yang perlu dilakukan sebelum mengikuti lomba lari seperti fun run dan marathon? Berikut beberapa tips sehat dari Nirina Zubir.

Dalam waktu dekat, perempuan yang akrab dipanggil Na ini akan mengikuti fun run 5K di Jakarta dan Berlin Marathon 2024. Sebelum mengikuti kedua lomba ini, ada satu persiapan yang selalu dia lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu medical check-up.

“Medical check-up penting sebelum melakukan olahraga berat. Sebisa mungkin lakukan setiap 6 bulan,” jelasnya di Jakarta, baru-baru ini.

Medical check-up bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara keseluruhan dan mendeteksi dini risiko kesehatan. Menurut Nirina, mengikuti lomba lari tanpa medical check-up bisa berbahaya bagi tubuh.

“Misalnya, jika kondisi kesehatan tidak baik, tetapi tetap melakukan olahraga ekstrem, maka risikonya bisa berdampak buruk bahkan fatal,” ungkapnya.

Oleh karena itu, sebelum mengikuti lomba lari seperti fun run, marathon, atau sejenisnya, penting untuk memperhatikan tidak hanya pola makan dan suplemen, tetapi juga medical check-up.

Konferensi pers perayaan HUT ke-18, Brawijaya Healthcare bertema “Melayani Sepenuh Hati, Kebanggaan Negeri” yang dihadiri oleh Dian Sunardi (Direktur Marketing & Auxiliary), Amira Ganis (Presiden Direktur Brawijaya Healthcare), Nirina Zubir (Bintang Tamu), dan Corporate VP Human Capital Brawijaya Healthcare Arie Wibowo.

“Berkat medical check-up tahun lalu saya baru tahu ada aritmia (gangguan pada irama jantung). Jadi, sekarang sudah tahu bagaimana penanganannya secara tepat, terutama ketika mau ikut lomba lari,” ungkap ibu satu anak ini.

Kebiasaan medical check-up secara rutin ini sudah dilakukan Nirina Zubir sejak usia 30 tahun. Di usia tersebut, ia yang masih aktif bekerja mulai menyadari tubuhnya menunjukkan sinyal ada gangguan kesehatan.

“Sampai kurang bahkan tidak tidur karena banyak pekerjaan. Badan jadi sering lemas atau tidak segar saat bangun tidur. Bahaya jika seseorang aktif. Disitulah kesadaran saya muncul untuk melakukan medical check-up 6 bulan sekali,” ungkap aktris yang membintangi film “Get Married” ini.

Menjelang Berlin Marathon 2024, Nirina Zubir juga mengaku melakukan medical check-up khusus untuk pelari. Skrining ini sering dilakukannya setiap kali akan mengikuti lomba lari.

Untuk diketahui, medical check-up (MCU) bagi pelari adalah pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan pelari secara menyeluruh.

MCU untuk pelari dapat membantu mendeteksi penyakit atau kondisi yang mungkin tidak terlihat secara fisik, seperti diabetes, kelainan lemak darah, dan penyakit ginjal.

Beberapa kondisi yang diperiksa saat seseorang menjalani MCU untuk pelari, di antaranya: Pemeriksaan fisik, seperti pengukuran berat badan, tinggi badan, detak jantung, laju pernapasan, tekanan darah, dan suhu tubuh. Foto rontgen kedua lutut juga dilakukan untuk mendeteksi komplikasi yang mungkin terjadi karena sering berlari.

Selain MCU khusus pelari, Nirina juga menjalani latihan dan melanjutkan aktivitas keartisan seperti syuting.

“Latihan diusahakan, karena sama pentingnya dengan komitmen menjalankan olahraga ekstrem yang diimbangi dengan latihan yang baik,” tambahnya.

Sementara itu, Fun Run 5K yang akan diikutinya di Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu (22/9/2024) adalah event lari yang merayakan hari ulang tahun ke-18 Brawijaya Healthcare dengan tema “Melayani Sepenuh Hati, Kebanggaan Negeri”.

“Selama hampir dua dekade, kami telah tumbuh bersama masyarakat dan berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang unggul dan humanis,” ujar Presiden Direktur Brawijaya Healthcare, Amira Ganis.

Selain Fun Run 5K, akan ada juga konser dan hiburan dari Maliq & D’Essential dan Novia Bachmid.

“Kami selalu berupaya memberikan timbal balik bagi karyawan kami, karena semuanya merupakan bagian dari keluarga besar Brawijaya Hospital,” jelas Corporate VP Human Capital Brawijaya Healthcare, Arie Wibowo.

Source link

Scroll to Top