FaceTime adalah fitur unggulan di iPhone yang memudahkan pengguna untuk melakukan panggilan video dan suara. Namun, terkadang FaceTime tidak berfungsi seperti yang diharapkan, seperti tidak bisa tersambung, tidak ada suara, atau bahkan aplikasi tidak dapat dibuka sama sekali.
Masalah ini tentu sangat mengganggu, terutama bagi mereka yang bergantung pada FaceTime untuk komunikasi sehari-hari. Ada beberapa langkah yang dapat diambil oleh pengguna, mulai dari memeriksa koneksi internet, memastikan pengaturan FaceTime sudah tepat, hingga melakukan pembaruan iOS.
Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah FaceTime yang tidak berfungsi di iPhone.
Periksa kamera dan mikrofon di perangkat Anda
Jika orang lain tidak dapat melihat atau mendengar Anda saat menggunakan FaceTime, kemungkinan ada masalah pada kamera atau mikrofon perangkat Anda.
Anda dapat memeriksanya dengan membuka aplikasi Kamera dan merekam video singkat menggunakan kamera depan sambil berbicara. Jika menggunakan Mac, Anda bisa menggunakan aplikasi Photo Booth untuk melakukan hal yang sama.
Putar video tersebut kembali untuk memastikan apakah ada masalah dengan gambar atau suara yang terekam. Jika ada, berarti perlu memeriksa dan memperbaiki kamera atau mikrofon iPhone Anda terlebih dahulu.
Periksa koneksi internet di perangkat Anda
FaceTime membutuhkan koneksi internet agar dapat digunakan. Jika FaceTime tidak dapat terhubung, coba buka halaman web di iPhone untuk memastikan koneksi internet berfungsi dengan baik.
FaceTime bekerja lebih baik melalui Wi-Fi, tetapi Anda juga dapat menggunakan data seluler di iPhone atau iPad. Untuk menggunakan FaceTime tanpa Wi-Fi, buka Pengaturan > Seluler (atau Layanan Seluler), dan aktifkan pengaturan FaceTime agar dapat menggunakan data seluler.
Pastikan menggunakan detail kontak yang benar
Anda bisa memeriksa detail kontak FaceTime Anda di iPhone dengan membuka Pengaturan > FaceTime > Anda Dapat Dihubungi Melalui FaceTime Di. Mintalah orang yang Anda hubungi untuk melakukan hal yang sama agar Anda memastikan bahwa Anda memiliki detail kontak yang benar.
Perbarui perangkat lunak di iPhone
FaceTime mungkin mengalami masalah jika perangkat lunak di iPhone Anda tidak diperbarui. Pastikan perangkat Anda menjalankan versi OS terbaru dan juga pastikan orang yang Anda coba hubungi telah memperbarui perangkatnya.
Atur tanggal dan waktu secara otomatis
Apple merekomendasikan agar Anda mengatur tanggal dan waktu secara otomatis jika FaceTime tidak berfungsi di iPhone, iPad, atau Mac Anda. Periksa kembali pengaturan ini sudah aktif di perangkat Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu dan pastikan opsi Atur Otomatis sudah diaktifkan.
Keluar dari FaceTime, lalu masuk kembali
Jika FaceTime masih tidak berfungsi, coba keluar sepenuhnya dari FaceTime, lalu masuk kembali. Jika Anda lupa kata sandi ID Apple, Anda dapat mengatur ulang.
- Buka Pengaturan > FaceTime.
- Ketuk alamat email ID Apple Anda di bagian ID Penelepon.
- Pilih Keluar di jendela pop-up yang muncul.
- Setelah keluar, ketuk Gunakan ID Apple Anda untuk FaceTime.
- Masuk kembali menggunakan detail ID Apple Anda.
Nyalakan kamera dan mikrofon di FaceTime
Jika orang lain tidak dapat melihat atau mendengar Anda di FaceTime, kemungkinan kamera atau mikrofon tidak sengaja dinonaktifkan selama panggilan.
Saat dalam panggilan FaceTime, Anda bisa menampilkan pengaturan tambahan dengan mengetuk layar di iPhone. Klik ikon Video dan Mikrofon untuk menghidupkan atau mematikan kamera dan mikrofon selama panggilan.
Jika Anda tidak bisa melihat atau mendengar lawan bicara Anda di FaceTime, meskipun mereka dapat melihat Anda, mintalah mereka untuk memeriksa apakah video dan mikrofon mereka sudah diaktifkan.